Selamat Datang

Kamis, 31 Oktober 2013

Jantung Segitiga Karang Dunia#

Surga di atas lautan adalah hal yang biasa. Namun bagaimana bila ternyata ada surga di bawah laut? Tentu ini adalah hal yang tidak biasa. Kebanyakan orang  sering kali terhipnotis dengan keindahan alam mulai dari area persawahan, perkebunan, taman, hewan, tanaman, dll. Namun mereka tidak pernah menyadari bahwa ternyata ada tempat yang tidak kalah menariknya dari tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi. Yang juga dipenuhi oleh tanaman, hewan, dan bebatuan yang tidak akan menjenuhkan mata saat memandangnya.
Hanya saja tempatnya dikelilingi oleh air laut. Tapi semua itu akan terbayarkan saat mata melihat keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Terumbu karangnya yang beranekaragam, segala jenis hewan laut dapat kita jumpai di sana, dan tidak ketinggalan juga pemandangan saat sang mentari mulai terbenam di ufuk barat. Semuanya itu akan membuat mata tidak akan pernah berkedip sekalipun. Dan hal itu hanya bisa kita jumpai di Kabupaten Wakatobi.
Mungkin kita tidak akan asing lagi mendengar kata Wakatobi. Apalagi untuk para wisatawan lokal maupun wisatawan dari manca negara. Para pelancong yang berkunjung ke wakatobi tidak lain adalah untuk menyaksikan secara langsung keindahan terumbu karangnya yang sekarang telah di kenal di beberapa negara. Di tambah lagi jalur transportasi yang mulai memadai. Hal ini tentu akan memudahkan para tamu undangan untuk masuk ke salah satu taman wisata nasional ini.
Hampir 800 spesies terumbu karang dimiliki oleh Kabupaten Wakatobi. Hal ini menyebabkan Wakatobi merupakan tempat pariwisata yang memiliki jumlah terumbu karang terbanyak di dunia. Meski hanya hanya memiliki 700 lebih spesies terumbu karang, namun tempat ini telah menyihir ribuan orang yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang satu ini.
Wakatobi terkenal dengan slogannya, Surga Nyata Bawah Laut di Jantung Segitiga Karang Dunia. Ini disebabkn Indonesia dikelilingi oleh Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste dan Kepulauan Solomon yang memiliki 600 spesies koral, atau 75% populasi koral dunia, yang menjadikannya kawasan terumbu karang dengan keragaman hayati tertinggi di dunia. Dan Wakatobi tepat berada di tengah-tengahnya sebagai jantung segitiga karang dunia.
Selain itu ada info lain, bagi   yang memiliki hobi snorkeling dan diving, maka bulan Maret hingga Desember adalah musim yang tepat untuk menyelami perairan spektakuler Wakatobi. Sedangkan pada bulan-bulan Juli dan Agustus, plankton kaya nutrisi yang tumbuh subur di perairan Wakatobi memancing munculnya hewan laut besar.   Namun perlu juga diantisipasi bahwa umumnya pada bulan-bulan itu air laut relatif lebih dingin dari biasanya, sedangkan jangkauan pandang bawah laut terbilang rendah.
Jadi yang berminat untuk mengunjungi Wakatobi, siapkan diri anda untuk sesuatu yang belum pernah anda lihat sebelumnya. Dan puaskan diri anda untuk menikmati surga bawah lautnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar